K-pop ( genre musik yang berasal dari Korea Selatan)

 K-pop, (singkatan dari Korean pop; Korea: 케이팝) adalah jenis musik populer yang berasal dari Korea Selatan . Banyak artis dan kelompok musik pop Korea sudah menembus batas dalam negeri dan populer di mancanegara. Kegandrungan akan musik K-Pop merupakan bagian yang tak terpisahkan dari Demam Korea (Korean Wave) di berbagai negara. K-Pop Sumber aliran POP HIP-HOP R&B Urban Dance Pop EDM Pop Indie Retro Sumber kebudayaan 1885-an dan awal 2000-an di Korea Selatan Alat musik yang biasa digunakan Gitar Gitar bas Drum Penyintesis Sekuenser Turntable Sampler Keyboard Flute Grand Piano Sejarah Pada tahun 1885-an muncul sebuah genre musik baru di Korea yang disebut changga, sebuah musik dengan alunan instrumental modern seperti gitar, drum, flute, dan lainnya. Musik tersebut merupakan musik adaptasi dari pop barat dan menggunakan lirik bahasa Korea, beberapa diantarannya adalah memang lagu barat yang diaransemen dan ditranslate ke bahasa Korea. Seperti " Oh My Darling ,  Clementine &quo

25 Hal yang wajib di ketahui oleh kpopers

 Nah, supaya kamu nggak bingung, berikut ini 21 Istilah dalam dunia K-Pop yang perlu kamu ketahui! Penasaran apa saja istilah tersebut?


1. Fandom

Istilah yang wajib diketahui oleh para fans KPop pertama adalah fandom. Fandom merujuk atas sebutan bagi suatu grup yang kamu sukai dan ikuti. Fandom juga kerap diibaratkan sebagai “rumah” bagi para penggemar K-Pop. Setiap fandom dari grup K-Pop pun memiliki nama yang berbeda-beda. Seperti misalnya para penggemar EXO yang diberi nama fandom EXO-L, penggemar Twice adalah ONCE, penggemar BLACKPINK adalah BLINK, serta penggemar BTS yaitu ARMY. Well, Cosmo babes, apa nama nih fandom kamu?


2. Ultimate Bias

Dalam sebuah grup K-Pop pastinya kamu memiliki 1 sosok idol yang paling kamu sukai, bukan? Sosok yang paling kamu sukai tersebutlah itulah yang dinamakan ultimate bias. Bias adalah sebutan bagi sosok idol yang kamu sukai. Jadi kalau ultimate bias artinya sosok yang amat sangat kamu sukai di grup tersebut. Wah!


3. Bias Wrecker

Setiap grup K-Pop jelas memiliki member dengan pesona serta keunikan yang berbeda-beda. Tidak heran jika biasanya kita pun juga memiliki satu (atau bahkan dua, opps!) sosok yang berhasil mencuri hati kita di luar ultimate bias. Nah sosok idol yang mencuri hati kamu selain ultimate bias-mu itu yang disebut bias wrecker.


4. Comeback

Comeback menjadi istilah yang digunakan saat suatu grup K-Pop akan merilis album atau mini album terbarunya. Biasanya momen comeback menjadi sesuatu yang paling ditunggu oleh para fans KPop karena setiap harinya agensi musik yang menaungi grup tersebut akan mengeluarkan beberapa hal baru terkait comeback mereka.


Seperti teaser foto, yang akan diikuti dengan teaser lagu di album terbaru, teaser MV dan kemudian video klip. Untuk semakin membuat comeback-nya lengkap, para K-Pop idol pun akan tampil di beberapa acara musik Korea seperti M! Countdown, KBS Music Bank, SBS Inkigayo, dan MBC Music Core.


5. Leader

Dalam setiap grup posisi leader memegang peranan krusial dan wajib ada. Mereka adalah pemimpin grup yang bertugas mengucapkan salam perkenalan dari grup tersebut, bertanggung jawab atas para member, hingga menjadi sosok kepercayaan untuk menyampaikan aspirasi antara para member dan perusahaan musik.

Tidak semua orang bisa menjadi leader, sebab posisi ini memang memiliki tanggung jawab yang besar karena membawa nama grup mereka. Leeteuk – Super Junior, G-Dragon – Big Bang, Suho – EXO, Irene – Red Velvet, RM – BTS, Shownu – MONSTA X, Kwon Eun Bi – IZ*ONE adalah contoh-contoh nama leader di dunia K-Pop.


6. Maknae

Girls, tentu tak lengkap juga rasanya jika sebuah grup Korea tanpa kehadiran maknae alias personil termuda di dalamnya. Meski menjadi bungsu dari grup, tetapi bakat serta sisi menggemaskan dalam diri mereka selalu berhasil mencuri hati para penggemarnya. Seperti misalnya: Taemin – SHINee, Sehun – EXO, Jungkook – BTS, Yuna – ITZY, Tzuyu – Twice, juga Yeri – Red Velvet.


7. Visual

Di luar urusan bakat dan performance gemilang milik para K-Pop Idol, tentu ada salah satu faktor lainnya yang juga menjadi daya tarik mereka adalah visualnya. Meski para K-pop idol juga umumnya datang dengan pesona pribadi mereka, tetapi beberapa personil grup K-Pop juga ada yang menyandang gelar sebagai visual lantaran memiliki ketampanan serta kecantikan yang di atas rata-rata.



fans kpop


Ketampanan dan kecantikan dari visual grup K-Pop ini bahkan tak jarang dipuji oleh para ahli wajah hingga dokter bedah plastik lantaran mendekati sempurna. Contohnya : Yoona – Girls’ Generation, Seolhyun – AOA, Jisoo – BLACKPINK, Cha Eun Woo – ASTRO, Mingyu – Seventeen, Irene – Red Velvet, Jin – BTS, Taeyong – NCT.


8. Dancing Machine

Istilah ini diberikan bagi para personil girlband atau boyband yang memiliki bakat menari nan outstanding di grupnya. Mereka adalah salah satu daya tarik di grupnya karena membuat koreo yang dihasilkan terlihat semakin memukau. Ini dia beberapa dancing machine di grupnya.

Seperti: Eunhyuk – Super Junior, Hyeyeon – Girls’ Generation, Momo – TWICE, Kai – EXO, J-Hope – BTS, JR – NU’EST.


9. Sunbae & Hoobae

Sunbae adalah seseorang yang lebih tua dalam dunia hiburan Korea Selatan. Sedangkan hoobae artinya adalah junior. Sunbae dan hoobae dalam industri hiburan Korea Selatan biasanya ditentukan berdasarkan tahun debut sebuah grup atau penyanyi.


Semakin lebih dahulu sebuah grup atau penyanyi debut, maka mereka akan dianggap senior bagi grup-grup yang debut di tahun setelah mereka.


10. Rookie

Rookie digunakan untuk menyebut sebuah grup atau seorang penyanyi pendatang baru di dunia hiburan Korea.

Biasanya gelar rookie untuk penyanyi dan grup akan bertahan selama satu tahun, sebelum debut generasi selanjutnya di tahun berikutnya


11. Trainee

Yes, sebelum resmi debut di industri musik Korea umumnya para calon idol menjalani pelatihan agensi musik Korea sebagai seorang trainee. Selama menjadi trainee, para calon K-Pop idol mendapat berbagai macam latihan untuk mempersiapkan debutnya.

Mulai dari latihan vokal, dance, akting, bahkan public speaking! Mereka juga menjalani banyak evaluasi sebelum layak dipilih debut oleh agensi musik.


12. 4D

Sering mendengar istilah 4D character dari beberapa K-Pop idol, babes? Tenang kamu nggak perlu bingung! 4D adalah sebutan bagi personil idol grup yang biasanya dikenal berkat tingkah laku unik mereka yang sulit ditebak. Selain memiliki personality yang tak biasa, umumnya mereka juga punya kebiasaan yang out of the box.


13. Fansite

Fansite umumnya didirikan oleh penggemar di sebuah grup sebagai wadah menyalurkan sisi fangirling / fanboying mereka. Biasanya para fansite ini akan setia mengikuti setiap jadwal sang bias, merekam penampilan para bias mereka di atas panggung, mengikuti fan-signing, serta memotret bias mereka di setiap perfomance-nya. Nantinya foto-foto serta video yang diambil oleh fansite tersebut akan diunggah ke website milik mereka atau akun media sosial milik fansite tersebut. Mereka juga aktif dalam membentuk project, seperti project ulang tahun untuk para bias mereka. Truly dedicated!


14. Fanwar

Ugh.. momen-momen di mana dua fandom tertentu terlibat dalam “perang” untuk membuktikan bahwa fandom mereka yang terbaik. Spread love, not hate girls!


15. Anti Fan

Kebalikan dari seorang fans, anti fan adalah orang yang tidak menyukai sebuah grup atau sosok dari selebriti tertentu. Mereka biasanya sering memberikan komentar buruk di beberapa situs terkait berita dari sang selebriti. Beberapa di antaranya bahkan pernah melakukan hal yang ekstrim seperti misalnya Yunho TVXQ yang pernah mendapat minuman berisi lem super hingga membuatnya harus dilarikan ke rumah sakit.


16. Sasaeng

Sasaeng adalah fans kpop ekstrim dari seorang selebriti atau idol. Umumnya mereka melakukan hal-hal yang sangat obsesif kepada idolanya hingga masuk dalam kategori merugikan. Seperti mengikuti ke mana pun para selebriti pergi, merekam wajah para idola dalam jarak sangat dekat, hingga yang terparah beberapa sasaeng pernah mencoba masuk ke dorm para selebriti. Duh!


17. All- Kill

Terms ini mengacu pada momen di mana sebuah lagu atau album dari penyanyi atau K-Pop idol berhasil meraih posisi pertama dalam sejumlah chart musik di Korea Selatan. Bagi kamu penggemar K-Pop jangan kelewatan pula beberapa chart musik yang sering menjadi acuan seperti : Naver Music, Melon, Gaon, Genie, serta Soribada.


18. Gayo Daejun

Gayo Daejun merupakan festival musik akhir tahun yang selalu digelar di Korea Selatan. Dalam festival musik ini akan diramaikan oleh para idol K-Pop serta musisi untuk menutup tahun. Biasanya acara ini dilaksanakan oleh 3 stasiun televisi besar di Korea Selatan yaitu: KBS dengan KBS Gayo Daechukje, MBC lewat ‘gayo daejejun’, serta SBS Gayo Daejun di akhir Desember.


19. Lightstick

Tidak hanya nama fandom, lightstick juga menjadi salah satu simbol identitas dari sebuah fandom. Umumnya lightstick selalu dibawa oleh para fans K-Pop saat hendak menonton konser bias mereka atau dalam acara fan-meeting. Setiap fandom juga memiliki bentuk lightstick yang beraneka ragam.


20. Sub-Unit

Beberapa grup pun merilis sub-unit, yaitu unit grup yang dibentuk di dalam sebuah girl group atau boy group. Seperti misalnya Super Junior yang memiliki sub-unit: Super Junior KRY, Super Junior D&E. Lalu di EXO ada EXO-CBX, EXO-SC. Ada pula GOT7 dengan Jus2, NU’EST dengan NU’EST W serta Girls’ Generation dengan TTS.


21. B-Sides

B-sides merupakan lagu-lagu yang terdapat dalam sebuah album atau mini-album. Sebutan ini juga berlaku untuk lagu di luar single utama yang dipromosikan oleh para penyanyi atau idol.


22. Daesang

Daesang adalah penghargaan tertinggi yang diraih oleh seorang musisi atau grup. Penghargaan ini dikeluarkan oleh dua ajang penghargaan musik prestige di Korea Selatan yaitu Seoul Music Awards serta Golden Disk Awards.

Daesang pun diberikan kepada mereka setelah menilai beberapa faktor seperti jumlah penjualan album secara fisik dan digital serta tahun perilisan album.


23. Dispatch

Salah satu media Korea yang dikenal selalu mengumumkan berita kencan dari para selebriti atau K-Pop idol. Seperti misalnya Dispatch tahun ini yang baru saja mengumumkan berita kencan antara aktor So Ji Sub dan Jo Eun Jung serta Kang Daniel dan Jihyo Twice. Eitss di luar itu, sudah baca belum beberapa K-Pop idol yang pernah menjadi profile picture Dispatch berikut?


24. MV

Para penggemar K-Pop wajib tahu istilah satu ini yaitu MV yang merupakan singkatan dari Music Video atau video klip. Biasanya para musisi Korea yang akan comeback akan merilis MV untuk menandai momen kembalinya mereka. Atau MV juga dirilis saat para musisi memiliki projek tertentu.


25. Shipper

Julukan ini berlaku bagi fans yang menyukai momen di mana seorang idol bersama dengan sosok idol lainnya. Mereka bahkan setuju jika kedua idol tersebut berada dalam sebuah hubungan. Salah satu shipper yang populer di kalangan fans KPop misalnya shipper dari Surene alias Suho – EXO dan Irene – Red Velvet, Jackji = Jackson GOT7 dan Youngji, atau Seulmin yaitu Seulgi-Red Velvet dan Jimin BTS.


Sumber : blog.roomme.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

26 Istilah Gaul K-Pop, Kamu yang Ngaku Fans Sejati Wajib Tahu

Jadi Kpopers Sejati Tidak Mudah, Kamu Harus Bisa 7 Hal Ini